SMK Yasmida Ambarawa

Jl. Utama No.05 Ambarawa Kec.Ambarawa - Pringsewu - Lampung

Terdepan Dalam Teknologi

Uji Laporan Prakerin TKJ SMK Yasmida Ambarawa 2016

Selasa, 13 Juni 2017 ~ Oleh Abdur Rozak ~ Dilihat 137 Kali

PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi habus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.

Tujuan diadakannya PRAKERIN adalah :

  1. Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah;
  2. Membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN;
  3. Melatih siswa untuk berkomunikasi/ berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya;
  4. Membentuk Etos kerja yang baik bagi siswa-siswi PRAKERIN;
  5. Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi PRAKERIN sesuai bidang masing-masing;
  6. Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan di Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari;
  7. Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.
Kewajiban Siswa ditempat PRAKERIN adalah :
  1. Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah disepakati;
  2. Mematuhi setiap Instruksi ditempat kerja;
  3. Melaksanakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja);
  4. Menjaga nama baik Lembaga Pendidikan (Almamater), Dunia Usaha dan Dunia Industri;
  5. Melakukan Observasi dan Penelitian yang mempunyai tujuan Positif;
  6. Bertanya kepada pihak yang berkompten apabila kurang paham/ dimengerti.
Dalam proses pengajuan siswa-siswi PRAKERIN wajib mengikuti Prosedur yang ditetapkan oleh lembaga, Dunia Industri maupun Dunia Usaha. Setiap lembaga, Dunia Industri maupun Dunia Usaha tentu saja memiliki Prosedur yang berbeda-beda tergantung dari kondisi masing-masing Dunia Industri maupun Dunia Usaha terkait.Setelah melaksanakan prakerin selama 3 bulan di tempat PKL, SMK Yasmida Ambarawa kembali beraktifitas seperti biasa. Tidak seperti sekolah-sekolah Diknas pada umumnya yang sedang sepi karena libur semester, SMK Yasmida Ambarawa tetap ramai dan "berisik". Hal ini dikarenakan di SMK Yasmida Ambarawa sedang dilakukan ujian Prakerin bagi siswa kelas XI yang telah menyelesaikan prakerinnya baik di Ambarawa, Pringsewu maupun di luar Pringsewu. Ujian Prakerin ini dilaksanakan selama 1 hari di hari Senin tanggal 16 Mei 2016 Ujian Prakerin ini dilaksanakan secara lisan dalam 1 ruangan, dengan 1 orang siswa sebagai peserta ujian dan 1 orang guru sebagai penguji. Ujian semacam ini merupakan pengalaman pertama bagi siswa kelas XI dan sebagai sarana latihan mereka untuk menghadapi ujian-ujian lisan berikutnya. Penguji akan memberikan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa terkait laporan prakerinnya. Karena merupakan pengalaman pertama, ekspresi siswa pun bermacam-macam. Ada yang sangat percaya diri, ada pula yang gugup dan grogi dalam menjawab pertanyaan. Namun secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI yang telah melakukan prakerin di DUDI banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. Hal ini dapat dilihat dari sikap, pemikiran serta jawaban mereka saat ujian.
 

Dokumentasi Uji Laporan Prakerin TKJ SMK Yasmida Ambarawa

 
Ibu Isnamila, S.Kom

Bapak Sunarno, S.Kom

Bapak Nuryono, S.Kom

Bapak Budi Hartono, A.Md

Bapak M. Sulaeman, S.Kom

Ibu Sutriana, S.Kom


Bapak Arif Rahmawan, ST


Bapak M. Adi Darmawan, A.Md


Bapak Agus Esmiyanto, A.Md


Siswa Siswi SMK Yasmida Ambarawa

Siswa Siswi SMK Yasmida Ambarawa

Ujian Laporan Prakerin

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Heri Susanto, S.Pd

Selamat Datang di Website Resmi SMK Yasmida Ambarawa, Salam Sejahtera untuk kita semua semoga tetap dalam lindungan Allah SWT.

Selengkapnya