Info Sekolah
Kamis, 18 Jul 2024
  • SMK Yasmida Ambarawa - SMK Pusat Keunggulan - Center of Excellence (CoE) - Kompetensi Keahlian -> Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) - Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) - Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) - Broadcasting dan Perfilman (BCP) - Asisten Keperawatan dan Carigiver (AKC) - Bisnis Digital (BC)
  • SMK Yasmida Ambarawa - SMK Pusat Keunggulan - Center of Excellence (CoE) - Kompetensi Keahlian -> Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) - Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) - Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) - Broadcasting dan Perfilman (BCP) - Asisten Keperawatan dan Carigiver (AKC) - Bisnis Digital (BC)
17 Juli 2023

Ekskul Tari SMK Yasmida Ambarawa

Sen, 17 Juli 2023 Dibaca 365x Civitas

Ekskul Tari merupakan salah satu ekstrakurikuler yang sangat diminati oleh para siswa di SMK Yasmida, Ambarawa. Aktivitas ekstrakurikuler ini telah lama menjadi wadah bagi para siswa untuk menyalurkan bakat, minat, dan kreativitas mereka di bidang seni budaya, khususnya tari. Ekskul Tari SMK Yasmida telah menarik minat banyak siswa dari berbagai angkatan, menginspirasi mereka untuk mengeksplorasi dunia seni tari Indonesia yang kaya.

Menjaga Warisan Budaya Melalui Gerak dan Ekspresi
Ekskul Tari di SMK Yasmida tidak hanya sekadar mengajarkan gerakan-gerakan tari saja, tetapi juga berfokus pada nilai-nilai dan makna dari setiap tarian. Melalui berbagai jenis tarian tradisional dan modern, siswa diajak untuk memahami kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Mereka belajar tentang beragam tari dari berbagai daerah, seperti tari Jawa, tari Bali, tari Sumatera, dan tari-tari etnis lainnya.

Para siswa juga diajak untuk memahami peran tari dalam berbagai upacara adat dan upacara keagamaan, sehingga mereka tidak hanya menguasai gerakan, tetapi juga dapat menyampaikan pesan dan nilai-nilai budaya dengan tepat melalui ekspresi tari.

Mengembangkan Kreativitas dan Bakat
Ekskul Tari SMK Yasmida memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan bakat seni mereka. Dalam suasana yang mendukung dan penuh semangat, para siswa diarahkan untuk menciptakan koreografi baru, menggabungkan unsur-unsur tari tradisional dengan sentuhan modern, atau bahkan menciptakan tarian dengan tema kontemporer yang relevan dengan isu-isu zaman sekarang.

Guru pembimbing ekskul tari selalu memberikan dukungan dan bimbingan, tetapi juga memberi kebebasan bagi siswa untuk mengekspresikan diri dan menemukan jati diri mereka sebagai penari. Banyak siswa yang merasa senang dan terinspirasi ketika berhasil menciptakan karya tari mereka sendiri, yang kemudian ditampilkan dalam berbagai acara sekolah.

Prestasi dan Penampilan di Berbagai Acara
Ekskul Tari SMK Yasmida tidak hanya berlatih di dalam ruangan, tetapi juga aktif tampil di berbagai acara sekolah dan kegiatan di masyarakat. Para siswa sering kali dipercaya untuk memberikan penampilan tari pada acara peringatan hari besar nasional, pentas seni, festival budaya, serta acara keagamaan di lingkungan sekitar.

Partisipasi dalam acara-acara tersebut telah membantu ekskul tari mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari masyarakat. Tarian-tarian yang ditampilkan oleh siswa SMK Yasmida selalu menyisakan kesan mendalam, dan hal ini semakin memotivasi mereka untuk terus mengasah kemampuan dan bakat mereka dalam dunia seni tari.

Berkolaborasi dengan Ekskul Lain dan Komunitas Seni
Ekskul Tari di SMK Yasmida tidak hanya fokus pada internal sekolah saja, tetapi juga aktif berkolaborasi dengan ekskul-ekskul lainnya dan komunitas seni di Ambarawa. Kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan pertunjukan seni yang lebih beragam dan menarik bagi masyarakat.

Tak jarang, ekskul tari SMK Yasmida mengadakan pertunjukan bersama dengan ekskul musik, ekskul teater, atau ekskul seni lukis. Kolaborasi semacam ini tidak hanya memperkaya pengalaman seni para siswa tetapi juga meningkatkan sinergi antar ekskul dalam mendukung pengembangan seni budaya di sekolah.

Menanamkan Nilai Kedisiplinan dan Kerja Keras
Selain aspek seni budaya, ekskul tari di SMK Yasmida juga menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan kerja keras kepada para siswa. Kesiapan untuk berlatih secara rutin, menjaga kesehatan fisik, dan menghormati proses belajar adalah hal-hal penting yang diajarkan dalam ekskul ini. Hal ini tentunya bermanfaat bagi perkembangan pribadi siswa di luar dunia seni tari.

Ekskul Tari di SMK Yasmida Ambarawa telah menjadi sarana bagi para siswa untuk mengeksplorasi, mengembangkan bakat seni mereka, dan mencintai kekayaan budaya Indonesia. Dengan semangat dan dedikasi yang terus berkobar, ekskul tari ini akan terus menjadi sarana yang bermanfaat bagi generasi-generasi siswa selanjutnya untuk mengejar cita-cita di dunia seni dan budaya.

Info Sekolah

SMK Yasmida Ambarawa

NPSN 10814689
Jala Utama Nomor 5 Ambarawa, Kec. Ambarawa, Kab. Pringsewu, Prov. Lampung
TELEPON 081369352269
EMAIL smkyasmidaambarawa@gmail.com
WHATSAPP 081369352269

Pengumuman

Terbit : 06/21/2024
Jadwal Masuk Sekolah Tahun Ajaran 2024/2025
Berikut ini merupakan jadwal untuk masuk sekolah di tahun ajaran 2024/2025 untuk di SMK Yasmida..
Terbit : 05/06/2024
Selamat Kelulusan Kelas XII SMK Yasmida Tahun 2024
Selamat atas kelulusan siswa/i Kelas XII SMK Yasmida Ambarawa Tahun ajaran 2023/2024, semoga ilmu yang..
Terbit : 04/22/2024
Pengumuman Kelulusan Kelas XII SMK Yasmida tahun 2024
Untuk informasi mengenai pengumuman kelas XII SMK Yasmida Ambarawa nanti akan diinformasikan secara resmi di..

Info Sekolah

SMK Yasmida Ambarawa

NPSN 10814689
Jala Utama Nomor 5 Ambarawa, Kec. Ambarawa, Kab. Pringsewu, Prov. Lampung
TELEPON 081369352269
EMAIL smkyasmidaambarawa@gmail.com
WHATSAPP 081369352269