SEKILAS INFO
: - Saturday, 04-04-2020
  • 4 minggu yang lalu / SMK Yasmida Ambarawa Berhasil Meraih Juara 1 Film Pendek Tingkat Nasional di Surabaya dalam Acara Dies Natalis ke-59
  • 4 minggu yang lalu / USBN SMK Yasmida Ambarawa Tahun 2020 Menggunakan sistem Android Based Test (ABT)
  • 4 minggu yang lalu / SMK Yasmida Ambarawa membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021
Animasi Akan Menjadi Jurusan Populer Dan Menjanjikan di Abad Ini (Zaman Now)

Lowongan kerja SMK untuk jurusan animasi sekarang terbilang cukup banyak, lho! Di jurusan SMK Animasi ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat animasi mulai dari pembuatan tahap awal atau basic hingga pembuatan animasi dengan peralatan canggih. Praktik kerja lapangan di berbagai tempat akan memberikan kamu pengalaman kerja sebagai animator. Tidak hanya di perusahaan animasi saja, lulusan animasi juga banyak dicari oleh perusahaan yang menggunakan digital marketing untuk menjangkau customernya.

Jurusan Aminasi SMK Yasmida

Jurusan Aminasi SMK Yasmida

Jurusan SMK yang menjanjikan pertama adalah jurusan Animasi. Layaknya jurusan kuliah desain, di jurusan SMK Animasi ini kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat animasi, tentunya pembuatan animasi akan diajarkan dari tingkatan yang lebih rendah dulu. Pertama-tama kamu akan belajar basic animasi hingga pembuatan animasi dengan peralatan canggih.

Prospeknya, jurusan SMK animasi ini bisa melakukan praktik kerja lapangan di beberapa tempat sebagai animator. Dari sini kamu akan mendapatkan pengalaman kerja sebagai animator yang pada akhirnya memudahkan kamu masuk di dunia kerja karena telah menguasai dasar animasi. Atau pun kamu mau melanjutkan kuliah jurusan Animasi, setidaknya ilmu animasi yang kamu dapat di SMK akan memudahkan kamu dalam belajar.

Apa itu animasi?
Animasi adalah bagian dari Film and TV Production yang melibatkan banyak gaya, proses dan teknik yang berbeda.

Seperti apa pekerjaan Animasi?
Tergantung pekerjaan, animator bisa saja memerlukan waktu berbulan-bulan hanya untuk menyelesaikan satu episode atau satu bagian film, membuat animasi satu per satu adegan dan membuat revisi.

Kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Animator?
Pertama-tama, tentu saja dibutuhkan kreativitas, keahlian untuk menciptakan sesuatu (misalnya tokoh utama, gaya animasi) yang unik dan menarik. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dimana satu episode saja bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan, pekerjaan animasi membutuhkan kesabaran yang tinggi, dan ketelitian serta kepekaan untuk detail.

Pekerjaan seorang Animator membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan untuk menyampaikan ide, pesan dan kesan dalam bentuk animasi, sehingga dibutuhkan rasa antusiasme yang tinggi. Jadi jika Anda tidak memiliki minat yang besar dalam animasi, sebaiknya Anda mempertimbangkan jurusan lain.

Mengapa Animasi Populer?
Semua orang menyukai kartun– Di abad ke-21 ini, bukan hanya anak-anak yang menggemari film kartun. Banyak juga kaum remaja dan dewasa yang senang menonton film kartun. Dulu mungkin tujuan dari film kartun adalah untuk memberikan hiburan untuk anak, supaya mereka bisa duduk diam dan mengisi waktu mereka. Akan tetapi seiring dengan tuntutan jaman, sudah banyak film kartun anak yang ditujukan untuk mendidik anak dan membantu mereka untuk mengingat dan belajar dengan lebih baik.

Film kartun adalah produk global– Film kartun tidak hanya dibuat untuk penonton di satu negara. Banyak sekali film kartun yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, dan ditayangkan di berbagai negara. Misalnya, Film layar lebar terbaru Doraemon – Stand by Me ditayangkan di 21 negara. Begitu juga kartun seri Disney yang sedang populer karena unsur pendidikannya yang sangat bagus, Sofia the First. Selain kedua contoh tersebut, tentu saja masih banyak animasi lain yang mendunia.

Pembuatan animasi melibatkan banyak negara– Proyek animasi melibatkan pekerjaan yang sangat luas, dan kebanyakan di-outsource dari lebih dari satu negara. Misalnya, salah satu film komedi favorit Amerika, South Park dianimasi di Korea. Terdapat dua kantor di kedua negara untuk memudahkan komunikasi. Hal seperti ini menyebabkan tingginya permintaan untuk tamatan internasional yang memiliki skill dalam bidang animasi, termasuk keahlian multi bahasa, dan menguasai hukum untuk bekerja di luar negeri.

Bervariasi namun unik– Gaya dan teknik animasi setiap negara tentu saja berbeda-beda. Gaya animasi Asia telah menyebar ke Amerika dalam dua dekade terakhir ini. Hasilnya dapat dilihat dengan membandingkan film kartun ala Inggris tahun 80an dengan film kartun moderen.

Seiring berjalannya waktu, banyak cerita klasik yang diceritakan kembali dengan alur berbeda. Contohnya Maleficent, yang menceritakan kembali film The Sleeping Beauty versi Walt Disney dengan sudut pandang yang berbeda, dan animasi yang tentu saja juga jauh berbeda dengan versi terdahulu.

Tidak ada batas untuk ruang kembang animasi. Yang bisa membatasi Anda hanyalah imajinasi Anda sendiri.

Sumber :

https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/animasi-salah-satu-jurusan-populer-abad-ini/

http://papasemar.com/inilah-15-jurusan-smk-yang-menjanjikan-di-masa-depan/

TINGGALKAN KOMENTAR

Categories

Behind The Scene Film Menanam Masa Depan

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 6
  • Page views today : 7
  • Total visitors : 426
  • Total page view: 540

Lokasi

Hubungi Admin
Hubungi Admin
Share via
Copy link
Powered by Social Snap