SEKILAS INFO
: - Thursday, 13-08-2020
  • 4 bulan yang lalu / #DiRumahAja, Mari bantu tenaga kesehatan kita melawan pandemi virus corona.
  • 5 bulan yang lalu / SMK Yasmida Ambarawa Berhasil Meraih Juara 1 Film Pendek Tingkat Nasional di Surabaya dalam Acara Dies Natalis ke-59
  • 5 bulan yang lalu / USBN SMK Yasmida Ambarawa Tahun 2020 Menggunakan sistem Android Based Test (ABT)

Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Partai dalam Badminton
Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu:
1) Tunggal putra
2) Tunggal putri
3) Ganda putra
4) Ganda putri
5) Ganda campuran

Lapangan dan Jaring
Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

Memainkan Badminton
1) Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis.
2) Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.
3) Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan “keluar”.
4) Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.
5) Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.

Teknik Pukulan dalam Badminton
Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapangan lawan.Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulu tangkis, yaitu:

Pukulan servis
Pukulan servis merupakan pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Macam-macam pukulan servis, yaitu:
1) Pukulan servis pendek
2) Pukulan servis panjang
3) Pukulan servis mendatar
4) Pukulan servis cambuk

Pukulan lob
Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
1) Overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.
2) Underhand lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.


sumber : https://id.wikipedia.org

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 50
  • Page views today : 74
  • Total visitors : 4,526
  • Total page view: 5,930

Lokasi

Hubungi Admin
Hubungi Admin
Share via
Copy link
Powered by Social Snap